Loading...

Definisi Pengertian Visi dan Misi Perusahaan

Loading...

A. Visi Perusahaan 

Menurut Peter F. Drucker, fondasi dari kepemimpinan yang efektif adalah memikirkan visi dan misi organisasi, mendefinisikan dan menegakkan secara jelas dan nyata. Pemimpin menetapkan tujuan, menentukan prioritas serta menetapkan dan memonitor standar. 

Sedangkan menurut Tony Buzan dalam bukun,ya The Power of Spiritudl Intelegence, visi didefinisikan sebagai kemampuan berpikir atau merencanakan masa depan dengan bijak dan imajinatif, menggunakan gambaran mental tentang situasi yang dapat dan mungkin terjadi dimasa mendatang.

Visi perusahaan merupakan keinginan perusahaan yang bersifat ideal yang dirumuskan secara seksama, yang menentukan arah atau keadaan masa depan. Para peneliti melihat visi sebagai hal yang penting untuk kepemimpinan, implementasi strategi dan perubahan (Doz & Prahalad, 1987; Hunt, 1991; Kotter, 1990; Robbins & Duncan, 1988; Sashkin, 1998).

Dengan demikian visi merupakan titik permulaan dari kenyataan hari esok suatu perusahaark Visi yang benar merupakan suatu gagasan yang sangat ampuh yang dapat membuat loncatan awal ke masa depan dengan memadukan segala sumberdaya untuk mewuj udkan visi tersebut.

Visi yang benar memiliki daya tarik dan menyebabkan orang lain membuat komitmen, membangkitkan tenaga dan semangat, mampu menciptakan makna bagi kehidupan perusahaan, mampu menciptakan standar yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan perusahaan, dapat digunakan orang lain (pelanggan) untuk mengukur manfaat perusahaan baginya, menjadi jembatan utama antara apa yang dikerjakan perusahaan sekarang dengan apa yang diinginkan perusahaan di masa depan, merupakan prasyarat untuk momen strategis dan merupakan landasan untuk merumuskan misi perusahaan. 

Intel mempunyai visi mendorong secara terusa menerus batas-batas inovasi agar dapat membuar hidup orang lebih bergairah, lebih terpenuhi dan lebih mudah untuk mengelolanya. Komitmen Intelyang kokoh untuk mengerakkan tehnologi menuju ke depan telah membuat transfomasi dunia dengan lompatan dan lambungan. 

Intel merupakan perusahaan yan selak dalam keadaan bergerak, membara, industri yang tidak pernah istirahat. Intel mengispirasi partnernya untuk mengembangkan produk dan jasa inovatif, mengerahkan industri untuk mendukung, dapat memberikan solusi dengan penyelesaian yang lebih baik secara kolektif dengan memberikan lebih besar manfaat dan juga lebih cepat. 

Bill Gates pada awal berdirinya Microsoft, mempunyai visi "Sebuah computer di atas setiap meja kerja di setiap rumah, menjalankan perangkat Microsoft". Setelah Bill Gates menciptakan MS-DOS, ia membuat sistem operasi Windows seperti halnya rumah menggunakan jendela (windows) yang menyebabkan Bill Gates menjadi entrepreneur terkaya di dunia. 

Tidaklah benar bahwa hanya Bill Gates senata yang berperan dalam menempatkan PC di kantor-kantor dan di rumah-rumah di seluruh dunia, tetapi Bill Gates mempunyai visi untuk melihat apa yang mungkin. Ia juga punya keinginan untuk mengubah visi tersebut menjadi kenyataan. 

Thomas Watson Sr. mengganti nama perusahaan Computing Tabulating Recording Company menjadi International Business Machine (IBM), yang meskipun belum beroperasi secara internasional namun Thomas Waston mempunyai visi bahwa perusahaan tersebut" di kemudian hari akan menjadi perusahaan yang beroperasi secara internasional. 

Ketika Waston memberikan nama International Business Machine (IBM) pada perusahaannya maka banyak orang mentertawakannya. Bahkan ada yang bilang bahwa Watson terlalu membesarkan perusahaannya itu. 

Tetapi sekarang IBM merupakan perusahaan modern dan para manajernya menjadi pemeran utama dengan setelan baju putih, dasi polos, dengan semangat menjual yang luar biasa. Pada tahun 2003 IBM terpilih sebagai perusahaan computer yang paling mengagunkan dunia versi majalah Fortune. 

Jeff Bezos merupakan pendiri Amazon.com yang awalnya hanyalah sebuah toko buku. Mengapa ia menamakan perusahaannya dengan Amazon? "Karena sungai Amazon merupakan sungai terbesar di dunia." kata Jeff Bezos. 

Bagaimana dengan sungai Nil? Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia. Jika dibandingkan dengan sungai Amazon, volume airnya hanya merupakan anak sungai Amazon. 

Sungai Amazon memuat 20% air bersih dunia. Jeff Bezos mempunyai visi bahwa perusahaannya kelak akan menjadi perusahaan yang menguasai 20% pasar dunia. 

Amazon.com yang membuka situs e-commercenya pada bulan Juli 1995, bermula dari toko buku kemudian meluas ke compact disk (CD), kemudian ke lelang dan sekarang ribuan produk yang berbeda dan pedagang yang berbeda. Pada tahun 1996 dapat menj ual 15,7 juta dolar dan melonjak menjadi 600 juta dolar pada tahun 1998. 

Amazon.com melaporkan bahwa dari tanggal 1 November sampai 31 Desember 2002, konsumen melakukan order hingga 56 juta item sehingga menjadikan Amazon.com sebagai took online terbaik versi majalah Yahoo. 

B. Misi Perusahaan 

Misi perusahaan merupakan perwujudan dari visi perusahaan. Keduanya merupakan acuan utama dari segala perubahan yang terjadi dalam perusahaan. Jika visi merupakan keinginan perusahaan maka misi merupakan perwujudan dari keinginan perusahaan tersebut. 

Definisi Pengertian Visi dan Misi Perusahaan

Oleh sebab itu penurunan visi menjadi misi mencerminkan perubahan yang diharapkan, yang menggambarkan perjalanan dari titik berangkat sebagai keadaan awal ke arah titik pencapaian sebagai keadaan yang diharapkan. 

Untuk melaksanakan proses perubahan tersebut diperlukan pendekatan strategis yang sistematis, rasional dan obyektif serta terstruktur. Misi pemimpin merupakan arahan yang spesifik untuk merumuskan sasaran dan tujuan perusahaan. 

Meskipun demikian kadangkala misi serupa dengan visi, seperti dikemukakan oleh Pearce dan Robinson (2005) bahwa misi adalah apa yang diinginkan perusahaan yang bersifat ideal atau misi merupakan sebuah pesan yang dirancang untuk menyatakan harapan yang inklusif dari seluruh stakeholder terhadap kinerja perusahaan dalam jangka panjang. 

Nokia merupakan salah satu perusahaan yang menjadikan visi dan misi menjadi satu kesatuan. Visi dan misi Nokia adalah "pelanggan kami berlanjut menjadi prioritas pertama kami." Kesuksesan Nokia di masa yang akan datang bergantung pada pemberian pengalaman besar pelanggan dengan menciptakan produk dan solusi yang terbuka dan menarik. 

Dalam sebuah dunia di mana setiap orang dapat berhubungan, Nokia mengambil sebuah pendekatan yang sangat manusiawi terhadap tehnologi. "Life Goes Mobile.» Kata Chairman Nokia, Jorma 011ila. 



Daftar Pustaka: Yudhistira
Loading...