Loading...

10 Definisi Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Loading...
TugasSekolah.com - 10 Definisi Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli. Secara umum dan selama ini demokrasi lebih erat kaitannya dengan arti segala sesuatu bersumber dari rakyat sebagai pengusung landasannya.

Tak pelak jika diberbagai negara saat ini lebih menerapkan sistem pemerintahan demokrasi karena dianggap memiliki kelebihan dan paling tepat diera saat ini tak terkecuali Negara Republik Indonesia yang juga telah menerapkan sistem tersebut.

Nah sebelum lebih jauh mengenai demokrasi tentunya ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu mengenai definisi pengertian demokrasi dibawah ini yang juga akan diperkuat dengan beberapa pendapat ahli serta kamus besar bahasa indonesia.

10 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Demokrasi berasal dari bahasa yunani dan terdiri dari dua suku kata dimana masing-masing "demos" dengan arti "rakyat" dan "kratos" yang memiliki arti pemerintahan. Jadi dapat disimpulkan dari dua kata diatas yakni sebuah pemerintahan berdasarkan rakyat atau biasa disebut dari rakyat, dan untuk rakyat.

Pengertian Demokrasi Menurut Ahli "Abraham Lincoln"

Demokrasi adalah sebuah sistem parlemen atau pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Pengertian Demokrasi Menurut Ahli "Charles Costello"

Demokrasi memiliki arti yang berkaitan erat dengan sistem seperti sistem sosial dan politik pemerintahan diri dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah yang tentunya diberikan batasan hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak-hak perorangan warga negara.

Pengertian Demokrasi Menurut Ahli "John L. Esposito"

Demokrasi merupakan bentuk kekuasasan yang sepenuhnya dipegang dan dikendalikan oleh rakyat itu sendiri karena berasal dari rakyat. Oleh karenanya, semuanya berhak untuk berpartisipasi, baik terlibat aktif maupun mengontrol kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu, tentu saja lembaga resmi pemerintah terdapat pemisahan yang jelas antara unsur eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.

Pengertian Demokrasi Menurut Ahli "Hans Kelsen"

Seperti yang dikemukakan oleh "John L. Esposito" yang lebih menonjolkan sisi kerakyatan, Hans Kelsen juga turut perbendapat demikian mengenai pengertian demokrasi yang merupakan pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat. Yang melaksanakan kekuasaan Negara ialah wakil-wakil rakyat yang terpilih. Di mana rakyat telah yakin, bahwa segala kehendak dan kepentingannya akan diperhatikan di dalam melaksanakan kekuasaan Negara.

Pengertian Demokrasi Menurut Ahli "Sidney Hook"

Jika menilik menurut Sidney Hook maka pengertian Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan yang tentunya setiap keputusan-keputusan dari pemerintah yang penting secara langsung atau tidak didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.

Pengertian Demokrasi Menurut Ahli "C.F. Strong"

C.F. Storng juga turut berpendapat mengenai Demokrasi yang merupakan bentuk sistem pemerintahan yang mana mayoritas anggota dewan dari masyarakat ikut serta dalam politik atas dasar sistem perwakilan yang menjamin pemerintah akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakannya pada mayoritas tersebut.

Pengertian Demokrasi Hannry B. Mayo

Kebijaksanaan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan diselenggarakan dalam suasana di mana terjadi kebebasan politik.
10 Definisi Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Merriem

Demokrasi dapat didefinisikan sebagai pemerintahan oleh rakyat; khususnya, oleh mayoritas; pemerintahan di mana kekuasaan tertinggi tetap pada rakyat dan dilakukan oleh mereka baik langsung atau tidak langsung melalui sebuah sistem perwakilan yang biasanya dilakukan dengan cara mengadakan pemilu bebas yang diadakan secara periodik; rakyat umum khususnya untuk mengangkat sumber otoritas politik; tiadanya distingsi kelas atau privelese berdasarkan keturunan atau kesewenang-wenangan.

Pengertian Demokrasi Samuel Huntington

Demokrasi ada jika para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam sebuah sistem dipilih melalui suatu pemilihan umum yang adil, jujur dan berkala dan di dalam sistem itu para calon bebas bersaing untuk memperoleh suara dan hampir seluruh penduduk dewasa dapat memberikan suara.

Pengertian Demokrasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Demokrasi merupakan suatu bentuk atau sistem pemerintahan dimana seluruh rakyatnya ikut serta dalam memerintah, yaitu melalui perantara wakil-wakil terpilih mereka.
Demokrasi merupakan suatu gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban, serta perlakuan yang sama bagi semua warga negaranya.

 Baca Juga : Prinsip Budaya Demokrasi

Sumber Pustaka: "Dikutip dari berbagai sumber"
Loading...