Loading...

Pengertian Pasar Valuta Asing Dan Fungsinya

Loading...

Pasar Valuta Asing

Dalam perdagangan internasional diperlukan valuta asing. Valuta asing atau mata uang asing adalah jenis mata uang yang digunakan di negara lain. Misalnya, Indonesia menggunakan mata uang rupiah, Malaysia menggunakan ringgit, Singapura menggunakan dolar (Singapura), dan Amerika Serikat menggunakan dolar Amerika Serikat. Karena adanya perbedaan mata uang tersebut, maka dikenallah apa yang disebut dengan kurs (nilai tukar).

Dengan kurs nilai tukar tersebut, seseorang dapat menghitung berapa nilai suatu barang jika dinyatakan dalam mata uang negara lainnya. Para eksportir memperoleh valuta asing dan hasil penjualan barang ke luar negeri. Sedangkan para importir memerlukan valuta asing untuk mengimpor barang dan uar negeri. Di mana kita dapat memperoleh valuta asing? Valuta asing dapat diperoleh di pasar valuta asing.


Fungsi pasar valuta asing

  • Metrijrmüdah penukaran valuta asing serta pemindahan dana dan suatu ke negara lain. Proses penukaran atau pemindahan dana mi dapat dilakukan dengan sistem clearing yang dilakukan oleh bank serta para pedagang.
  • Memperlancar terjadinya kegiatan ekspor/impor (perdagangan internasional).
  • Memungkinkan dilakukan hedging. Hedging adalah tindakan pihak tertentu untuk menghindari kerugian akibat kemungkinan terjadinya perubahan kurs valuta asing di masa yang akan datang.
Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...