Loading...

Sistem Hukum, Infrastruktur Yang Tidak Mapan Dan Ketergantungan Pada Dunia Internasional

Loading...

Sistem Hukum, Infrastruktur Yang Tidak Mapan Dan Ketergantungan Pada Dunia Internasional


Di kebanyakan negara berkembang, sistem hukum tidak dijalankan dengan sepenuh hati baik oleh pemerintah maupun warga negaranya sendiri. Sistem hukum yang tegas mi adalah syarat mutlak bagi terselenggaranya pembangunan. Dengan sistem hukum yang mapan maka persaingan usaha di antara para pengusaha dapat dijamin sehat dan fair, dan setiap kecurangan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu akan terlacak dengan cepat dan segera diambil tindakan yang sesuai hukum agar kecurangan itu tidak terjadi lagi. Sistem hukum yang mapan ini akan menjamin segala kontrak dan perjanjian bisnis, hak cipta, kegiatan perbankan, ekspor-impor, dan kegiatan ekonomi lainnya.

Selain sistem hukum, negara-negara berkembang sangat kekurangan infrastruktur dan sistem keuangan yang memadai. Tanpa adanya jalan-jalan raya, sistem telekomunikasj, listrik, sistem keuangan dan perbankan yang kuat serta jaminannya, kegiatan perekonomian di negara berkembang akan mengalami banyak sekali hambatan untuk maju.



Ketergantungan yang Dominan pada Dunia Internasional

Adalah hal yang telah menjadi lumrah bila kebanyakan negara berkembang itu sangat menggantungkan diri pada bantuan lembaga-lembaga internasional. Kita sering mendengar istilah World Bank, IMF, UNDP di koran-koran. Lembaga-lembaga mi adalah lembaga internasional yang memberikan bantuan pinjaman kepada negara-negara berkembang.

Ketergantungan yang terlalu besar sangat tidak sehat karena lambat laun negara-negara berkembang mi hanya akan menjadi boneka lembaga-lembaga interpasional tersebut, tanpa sedikitpun memiliki kemauan dan fiat baik untuk mengandalkan kekuatannya sendiri.

Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...