Loading...
Pengertian Penawaran Dalam Ilmu Ekonomi
Bila kita perhatikan barang yang telah selesai diproduksi, selanjutnya didistribusikan kepada konsumen. Pada awalnya, bila dagangan ingin laku penjual dengan cara apapun datang kepada konsumen untuk menawarkan barangnya. Penawaran suatu barang berasal dan pihak produsen. Dengan demikian, penawaran adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual (produsen) pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu (per hari, per minggu, per bulan, per tahun).
Penawaran Individu Dan Penawaran Pasar
Seperti halnya permintaan, penawaranpun memiliki penawaran individu (per produsen) dan penawaran pasar. Penawaran pasar merupakan penjumlahan penawaran individu. Perhatikanlah peraga berikut!Dari peraga tersebut dapat diketahui bahwa jumlah yang ditawarkan masing-masing produsen berbeda-beda. Apa yang menentukan penawaran oleh suatu produsen tertentu, misalnya penawaran jeruk oleh petani? Jawabnya adalah sebagai berikut.
- Harga
- Harga Input (faktor produksi)
Untuk menghasilkan tomat, petani menggunakan berbagai input seperti tanah, tenaga kerja, modal, dan pupuk. Jika salah satu atau seluruh input ini mengalami kenaikan, petani akan mengurangi produksi dan menawarkan lebih sedikit tomat. Bahkan jika 4iarga-harga input tersebut talc bisa dijangkau lagi oleh petani, maka produksi tomat pun akan dihentikan.
- Teknologi
- Ekspekstasi produser
Kurva penawaran bergerak dan kin bawah ke kanan atas, atau sebaliknya dan kanan atas ke kin bawah. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus atau searah (positif).
Sumber Pustaka: Yudhistira
Loading...