Loading...

Vitamin Berfungsi Untuk Melancarkan Metabolisme Tubuh

Loading...

Vitamin Berfungsi Untuk Melancarkan Metabolisme Tubuh


Metabolisme tubuh adalah proses reaksi pembentukan dan pembongkaran zat yang berlangsung di dalam tubuh. Reaksi-reaksi tersebut berjalan lancar jika ada vitamin. Akan tetapi, tubuh kita tidak mampu membuat vitamin. Oleh karena itu, makanan yang kita makan harus mengandung vitamin yang cukup.

Vitamin dapat dikelompokkan menjadi kelompok vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air. Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B dan Kekurangan vitamin dapat menyebabkan penyakit. Pen yakit kekurangan vitamin disebut avitaminosis. Kekurangan vitamin A menyebabkan avitaminosis A; sedangkan kekurangan vitamin D menyebabkan avitaminosis D, dan seterusnya. Uraian tentang macam-macam vitamin adalah sebagai berikut.



Vitamin A

Vitamin A banyak terdapat pada minyak ikan, wortel, tomat, dan buah-buahan yang banyak mengandung pigmen karoten (berwarna merah). Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin A menyebabkan gangguan penglihatan.

Vitamin B

Vitamin B banyak raganmya misalnya, Bi, B2, B6, dan B 12. Vitamin yang mengandung berbagai macam vitamin B disebut vitamin B kompleks. Vitamin B banyak terdapat pada kulit an beras, kacang hijau, kedelai, dan sayuran, yang berfungsi untuk melancarkan reaksi metabolisme tubuh, terutama reaksi pembakaran atau oksidasi. Kekurangan vitamin B dapat mengakibatkan penyakit ben-ben, kaki tangan kesemutan, dan persendian terasa pegal dan ngilu.

Vitamin C

Vitamin C banyak terdapat pada buah-bijahan dan sayuran. Vitamin C larut dalam air sehingga kelebihannya dikeluarkan melalui urin. Makanan kita hendaknya senantiasa mengandung vitamin C. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit gusi berdarah (skorbut).

Vitamin D

Vitamin D banyak terdapat pada susu, daging, dan sayuran dalam bentuk pro vitamin D atau calon vitamin D. Cahaya matahari dapat membantu pengubahan pro vitamin D di kulit menjadi vitamin D. Vitamin D berfungsi dalam proses pembentukan tulang. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan penyakit rakitis atau penyakit Inggris. Penderita rakitis memiliki kaki berbentuk 0 atau X.

Vitamin E

Vitamin E berguna untuk mencegah oksidasi lemak tak jenuh (misal kolesterol), menjaga struktur sel-sel darah merah, dan menjaga keremajaan sel. Vitamin E dapat diperoleh dan kecambah, minyak tumbuhan, dan tumbuhan hijau.

Vitamin K

Vitamin K dihasilkan oleh bakteri yang hidup di dalam usus kita. Selain itu vitamin K juga dapat diperoleh dan kangkung, kubis, bayam, hati, dan daging. Vitamin K berguna dalam proses pembekuan darah dan pembentukan protrombin. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan darah sulit membeku.
Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...