Loading...

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Loading...

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional


Ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antarnegara, di antaranya:
  1. Keanekaragaman kondisi produksi
  2. Penghematan biaya produksi/spesialisasi, dan
  3. Perbedaan selera.

Keanekaragaman Kondisi Produksi

Keanekaragaman kondisi produksi merujuk kepada potensi faktor-faktor produksi yang dimiliki suatu negara. Indonesia, misalnya, memiliki potensi besar dalam memproduksi barang-barang hash pertanian. Sementara iepang memiliki potensi besar dalam memproduksi barang-barang elektronik.

Apabila Indonesia mengekspor hasil pertaniannya ke Jepang dan iepang mengekspor barang elektroniknya ke Indonesia, kedua negara tersebut akan dapat memenuhi kebutuhannya dengan Iebih balk. Dengan kata lain, melalui perdagangan, suatu negara dapat rnemperoleh barang yang tidak dapat dihasilkannya di dalam negeri.


Penghematan Biaya Produksi/Spesialisasi

Perdagangan internasional memungkinkan suatu negara memproduksi barang dalam jumlah besar, sehingga menghasilkan increasing returns to scale atau biaya produksi rata-rata yang semakin menurun ketika jumlah barang yang diproduksi semakin besar. Jadi, apabila suatu Negara berspesialisasi mem’jroduksi barang tertentu dan mengekspornya, biaya produksi rata-ratanya akan turun.

Perbedaan Selera

Sekalipun kondisi produksi di semua negara adalah sama, namun setiap negara mungkin akan meakukan perdagangan jika selera mereka berbeda.

Contohnya, Norwegia dan Swedia menghasitkan ikan laut dan daging dalam jumlah yang hampir sama, tetapi orang Swedia ebih suka daging, sedangkan orang Norwegia Iebih suka ikan. Daam situasi demikian, ekspor yang saling menguntungkan akan terjadi, yakni apabila Norwegia mengekspor daging dan Swedia mengekspor ikan. Kedua negara akan memperoleh keunggulan dan perdagangan ni dan jumlah orang yang berbahagia meningkat.

Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...