Loading...

Manfaat Perdagangan Internasional

Loading...

Manfaat Perdagangan Internasional


Perdagangan internasional memainkan peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan dunia. Dengan perdagangan internasional, setiap negara tidak perlu memproduksi semua kebutuhannya, tetapi cukup hanya memproduksi apa yang bisa diproduksinya dengan cara yang paling efisien dibandingkan dengan negara-negara lain. Dengan demikian, akan tercipta efisiensi dalam pengalokasian sumber daya ekonomi dunia.

Konsumsi Yang Lebih Luas

Perdagangan internasional juga memungkinkan konsumsi yang lebih luas bagi penduduk suatu negara. Melalui perdagangan internasional, penduduk di Amerika Serikat dapat menikmati buah-buahan dan daerah tropis. Sebaliknya, melalui perdagangan internasional penduduk Indonesia berhasil membangun industrinya.


Timbulnya Persaingan

Perdagangan internasional juga memungkinkan timbulnya persaingan yang pada ilirannya akan rnenghasilkan kemajuan teknologi produksi. Neçara-negara yang berspesialisasi dalam memproduksi barang tertentu akan berusaha meningkatkan produktivitasnya. Dengan demikian, mereka akan tetap unggul dan negara lain dalam memproduksi barang tersebut.

Dalam beberapa kasus, perdagangan internasional juga bisa menjadi sumber pemasukan kas negara. Meskipun alasan ini kurang populer, namun kenyataanya banyak negara yang mengandalkan sumber pemasukannya dari pajak-pajak ekspor dan impor.

Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...