Loading...

7 Masalah Ekonomi Di Negara Berkembang

Loading...

Masalah Ekonomi Di Negara Berkembang


Setelah memahami apa yang dimaksud dengan masalah ekonomi, kini kita akan mencoba menemukan hubungan yang nyata dan masalah ekonomi ini dengan kehidupan kita sehari-hari sebagai individu dalam lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan negara, bahkan lingkungan dunia. Setiap hari kita selalu dihadapkan dengan masalah ekonomi.

Dengan sejumlah uang yang Ia miliki, seorang pelajar harus menentukan apakah ia akan membeli buku, menonton bioskop, atau menraktir teman-temannya. Tidak hanya pelajar yang menghadapi masalah ini. Orang tua, guru, pegawai negeri juga menghadapi masalah yang sama. Orang tua kita harus mengambil keputusan yang terbaik dalam mengalokasikan penghasilan mereka untuk membeli kebutuhan pokok keluarga, membiayai pendidikan anak-anaknya, juga membiayai kesehatan seisikeluarga.



Bila kita tank lebih jauh lagi, negara kita pun menghadapi masalah ekonomi. Sebagai contoh, pemerintah Indonesia, dalam hal mi Bank Indonesia setiap harinya harus menentukan berapabanyak jumlah uang yang perlu dikeluarkan guna menggerakkan perekonomian negara. Begitu pula dengan Direktorat Jenderal Pajak yang harus bekerja keras untuk meningkatkan pemasukan pajak guna pembiayaan pembangunan, serta berbagai instansi lain yang juga- harus memainkan perannya dengan balk agar roda perekonomian bangsa bisa terus berputar. Dalam lingkup yang lebih luas dapat dikatakan bahwa seluruh warga negara beserta pemerintah menghadapi masalah ekonomi.

Pertanyaannya kini, sebagai sebuah negara berkembang, apakah masalahm asalah ekonomi yang dihadapi oleh negara seperti Indonesia sama dengan masalah-masalah ekonomi yang dihadapi oleh negara maju?

Sesuai dengan kiasifikasi yang ditetapakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), . Negara kita Indonesia termasuk ke dalam kategori Negara berkembang. Atas dasar apakalv sebuah negara
dapat dikelompokkan menjadi Negara berkembang? Menurut Michael P Todaro, seorang profesor ilmu ekonomi di New York University, dalam bukunya yang berjudul Economic Developments, ada 7 masalah utama yang dihadapi oleh negara-negara tersebut. Ke-7 masalah itu adalah:
  1. Standar hidup rendah
  2. Produktivitas rendah
  3. Tingkat pertumbuhan penduduk dan beban ketergantungan yang tinggi
  4. Tingkat pengangguran penuh dan terselubung yang terlalu  tinggi dan terus melonjak
  5. Ketergantungan terhadap produksi pertanian dan ekspor barang-barang primer
  6. Sistem hukum dan infrastruktur  yang tidak mampan
  7. Ketergantungan yang dominan pada dunia internasional
Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...