Loading...

Peluang Untuk Mewujudkan Prestasi Dan Contohnya

Loading...

Peluang Untuk Mewujudkan Prestasi


Orang sukses menikmati tantangan dan memanfaatkan peluang. Peluang dapat muncul secara tiba-tiba atau direncanakan. Misalnya, seseorang secara kebetulan melihat peluang di bidang properti dan kebetulan ada developer yang cocok. Namun, kemampuan untuk mengenali peluang serta kesediaan untuk mengambil inisiatif dan risiko semuanya ada pada diri wirausahawan. Peran wirausahawan adalah menumbuhkan peluang usaha untuk mewujudkan peluang yang telah ada.

Contoh Mewujudkan Prestasi

Sebagai wirausahawan, tanpa memiliki manajemen tidak akan mampu bersaing di pasar internasional. Dalam ekonomi yang sedang tumbuh, hanya dua hal yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

  • Manajemen yang efisien. Dengan demikian, Anda dapat tetap bertahan dan memanfaatkan pertumbuhan itu.
  • Kemampuan memecahkan masalah sehingga Anda mampu menanggulangi hambatan-hambatan kecil dan kembali ke jalur semula.


Apakah mungkin menemukan semangat pencarian peluang pada suatu organisasi yang besar? Di antara langkah-langkah yang diambil adalah penyediaan dana risiko yang dapat digunakan oleh para eksekutif sebagai suatu sumber dana tambahan untuk mencobakan gagasan-gagasan baru. Banyak eksekutif mengatakan bahwa mereka tidak bisa memiliki sikap kewirausahaan karena mereka tidak berani mengalihkan anggaran operasi mereka untuk mencari risiko-risiko baru. Seorang eksekutif memungkinkan untuk mengamati lebih teliti peluang-peluang yang ada di sekitarya karena dia tahu bahwa ada dana yang tersedia kalau saja ia mau memburu peluang tersebut.

Setelah mengamati lebih cermat, ia menjumpai bahwa ada beberapa peluang yang begitu menarik sehingga ia memburunya dengan menggunakan anggarannya sendiri tanpa memanfaatkan dana risiko tadi. Kebanyakan orang dalam organisasi-organisasi yang besar begitu disibukkan oleh masalah-masalah "mendesale" sehingga kurang sekali waktu mereka untuk mengurusi masalah-masalah “penting”. Itulah salah satu sebab mengapa begitu sedikit waktu disediakan untuk berpikir secara mendalam atau berpikir secara konseptual. Selalu ada masalah yang harus dipecahkan. Pemecahan masalah juga menyiratkan penghindaran risiko, sedangkan pencarian peluang menyiratkan adanya tambahan risiko dan pekerjaan.

Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama
Loading...