Loading...

Pemikiran Ekonomi Praklasik Pada Aliran Fisiokratis

Loading...

Pemikiran Ekonomi Praklasik Pada Aliran Fisiokratis


Aliran Fisiokratis membangun teori mereka berdasarkan konsep hokum alam sehingga mereka menamakan dirinya physiocratism yang berasal dan kata physic, yang artinya alam, dan cratain atau cratos yang artinya kekuasaan. Dengan kata lain, penganut aliran mi percaya bahwa sumber daya alam adalah sumber dan kekayaan.

Ada tiga hal yang membuat kaum fisiokrat terkenal yaitu: pertama, pengikut aliran fisiokratis menganggap bahwa teori yang mereka bangun adalah teori yang bersifat objektif ilmiah dan berhasil menyusun suatu pandangan tentang tata ekonomi yang menyeluruh dan Iengkap; kedua, aliran ini mencetuskan istilah laissez faire yang sampai saat ni masih menjadi bahan kajian menarik dan memberi corak bagi para ekonomi kiasik berikutnya (Adam Smith); ketiga, kajian yang mereka cetuskan menjadi dasar analisis makro yang mencoba menjawab dan mana datangnya pendapatan nasional dan bagaimana pendapatan itu dibagikan di antara anggota masyarakat.



Tokoh utama aliran fisiokratis adalah Francois Quesney yang dalam bukunya Tableau Ec€nomique membagi masyarakat ke dalam empat golongan yaitu:
  1. kelas masyrakat produktif yang kegiatannya mengolah tanah seperti pertanian dan pertambangan;
  2. kelas tuan tanah;
  3. kelas yang tidak produktif seperti saudagar dan pengrajin;
  4. kelas masyarakat buruh yang menerima upah dan gaji.

Karena kaum petani adalah kaum yang paling produktif di antara keempat golongan masyarakat tersebut, Quesney menganjurkan agar seluruh kebijakan pemerintah ditujukan terutama untuk meningkatkan taraf hidup para petani, dan bukan memberikan hak-hak khusus kepada pemilik tanah dan saudagar. Secara umum kaum fisiokrat memiliki pokok-pokok pikiran sebagai berikut.
  1. Sumber kemakmuran adalah alam.
  2. Kelas yang paling produktif adalah para petani.
  3. Slogannya adalah Laissez faire laissez passer, le monde va de luimeme. Jika diterjemahkan dengan bebas artinya jangan campur tangan, alam semesta dapat mengatur dirinya sendiri.
Sumber Pustaka: Bumi aksara
Loading...