Loading...

Pengaruh Globalisasi Terhadap Perekonomian Nasional

Loading...

Pengaruh Globalisasi Terhadap Perekonomian Nasional


Telah terjadi kemajuan pesat di bidang teknologi, informasi, komunikasi, dan transportasi dalam beberapa dasawarsa terakhir. Suatu peristiwa yang terjadi di negara tertentu, seperti olahraga, kecelakaan, bencana alarn, peperangan, dan lain-lain akan diketahui pula oleh setiap orang di negara, daerah, atau pedesaan manapun juga. Begitu pula dengan arus barang, jasa, modal, lalu lintas manusia dan perpindahan perusahaan atau industry akan dengan mudah dapat terlaksana dengan seketika. Negara manapun akan berada dalam kondisi terisolir bila tidak mengalami kemajuan yang berarti dalam bidang teknologi, informasi, komunikasi, dan transportasi.

Perkembangan suatu negara dewasa mi telah semakin terkait dengan perubahan yang terjadi di dalam negara lain. Keterkaitan atau interd ependensi antarnegara itulah yang telah menimbulkan proses globalisasi yang semakin kuat, sehingga secara tidak langsung dunia mi seakan-akan telah menjadi satu dan tidak terpecah-pecah lagi. Beragam teknologi canggih yang muncul menjadikan batas negara semakin kabur, karena apa yang terjadi pada suatu belahan dunia dapat dengan segera diketahui oleh masyarakat di belahan dunia lainnya. Revolusi teknologi informasi sangat memungkinkan hal yang demikian.



Indonesia sebagai negara yang ekonominya bersifat terbuka dan sangat mengandalkan ekspor sebagai penggerak ekonomi dan pembangunan nasional, mempunyai kepentingan untuk tetap mempertahankan system perdagangan antarbangsa secara multilateral yang bebas, terbuka, dan adil bagi seluruh pelakunya. Keadaan itu dapat dicapai melalul perundingan-perundingan perdagangan secara multilateral, regional, maupun bilateral selain terus melakukan promosi dan panetrasi pasar.

Perkembangan pemasaran ke arah strategi ekspor menunjukkan adanya kemampuan adaptasi sebagian perusahaan nasional untuk meraih peluang pasar global. Kemajuan ekspor menjadi basis bagi dunia usaha nasional untuk melangkah ke tahap pengembangan bisnis internasional secara lebih maju. Oleh karena itu, badan usaha melakukan dua terobosan baik dan sudut pemasaran maupun dan sudut kemampuan perusahaan.

  1. Perusahaan harus memiliki dan mengembangkan sistem informasi pemasaran yang kuat dan efektif untuk memantau kegiatan lingkungan pasar agar dapat mengelompokkan dan menargetkan pasar secara tepat atau dengan perkataan lain memiliki perspektif global.
  2. Perusahaan harus fleksibel dalam mengantisipasi pasar global. Peralihan atau perubahan skala ekonomi mengharuskan perubahan investasi dan teknologi agar dapat menciptakan gagasan-gagasan ekonomi. Fleksibilitas itu bisa dicapai melalui kemampuan tingkat teknologi perus ahaan, penyesuaian secara cepat dan tepat baik kualitas, kemasan, maupun kuantitas produk untuk dapat diterima secara global.

Peluang pasar global kini tidak hanya bisa diraih oleh bisnis berskala besar, tetapi juga oleh bisnis berskala kecil. Dalam kondisi demikian dunia usaha nasional yang berorientasi global bisa ikut menikmati peluang pasar secara tepat bagi produk yang ditawarkannya.

Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...