Loading...

Pengertian Angka Indeks Dan Perhitungannya

Loading...

Pengertian Angka Indeks


Penyusunan angka indeks bukanlah inovasi terbaru. Pada tahun 1764, seorang warga negara Italia bernama G.R. Carli telah dianggap sebagai orang pertama yang melaporkan angka indeks. Angka-angka indeks yang disusunnya tersebut digabungkan dalam laporan yang dibuatnya mengenai fluktuasi harga di Eropa pada tahun 1500 sampai 1750. Sekarang, berbagai pihak seperti organisasi, lembaga, perusahaan, pemerintahan maupun individu selalu terlibat dalam pembuatan atau paling tidak pemantauan dan analisis angka-angka indeks tertentu.

Di atas telah disinggung bahwa tujuan pembuatan angka indeks salah satunya adalah untuk mengukur secara kuantitatif terjadinya perubahan mdalam periode waktu yang berlainan. Angka indeks dapat mengukur perubahan relatif berbagai hal, mulai dan harga, kuantitas, nilai, atau hal-hal lainnya yang menjadi pusat perhatian.


Perubahan yang dapat diperlihatkan oleh angka indeks

Ada tiga perubahan yang dapat diperlihatkan oleh angka indeks, yaitu sebagai berikut.
  • Sekumpulan atau sederetan nilai sebuah karakteristik dalam waktu yang bersamaan dan tempat yang bersamaan. Misalnya, harga beras 1995 sampai dengan tahun 2000. Penjualan swalayan dan tahun 1997 sampai dengan tahun 1999
  • Dua buah atau Iebih karakteristik yang terdapat pada tempat dan waktu yang sama. Misalnya, pertambahan penduduk dibandingkan dengan pertambahan panen padi selama tahun 1990 sampai dengan 1995.
  • Nilai sebuah karakteristik di beberapa tempat yang berlainan pada waktu yang sama. Misalnya, biaya hidup sehari-hari di kota Jakarta dibandingkan dengan biaya hidup sehari-hari di kota Surabaya pada tahun 2000.

Secara ringkas dapat kita katakan bahwa angka indeks adalah sebuah rasio yang umumnya dinyatakan dalam persentase yang mengukur satu variabel pada suatu waktu atau lokasi tertentu relatif terhadap besarnya variabel yang sama pada waktu atau lokasi lainnya. Perhitungan angka indeks dilakukan karena beberapa alasan.

Alsan perhitungan angka deks

  1. Indeks dapat memudahkan perbandingan sen-sen data yang tidak seru
  2. Indeks merupakan cara termudah untuk menyatakan perubahan total dan sekelompok data yang berbeda.
  3. Perubahan dalam persen kadang-kadang ebih mudah untuk dipahami daripada angka aktual, terutama jika angkanya sangat besar sekali.

Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...