Loading...

Tingkat Pengangguran Yang Tinggi Faktor Pokok Masalah Ekonomi

Loading...

Tingkat Pengangguran Yang Tinggi Faktor Pokok Masalah Ekonomi


Salah satu akibat utama sekaligus faktor penyebab rendahnya taraf hidup di negara-negara berkembang adalah terbatasnya penyerapan sumber daya, termasuk sumber daya manusia. Jika dibandingkan dengan negara-negara maju, pemanfaatan sumber daya yang dilakukan oleh negara-negara berkembang relative sangat rendah. Ada dua penyebabnya. Yang pertama adalah adanya pengangguran terselubung (under employment); artinya, orang-orang bekerja di bawah kemampuan terbaik yang ia miliki. mi terlihat dan banyak tenaga kerja di daerah perkotaan maupun pedesaan yang bekerja di bawah jam kerja normal.



Mereka mi hanya bekerja secara harian, mingguan, atau bahkan musiman. Yang kedua adalah tingginya tingkat pengangguran penuh atau terbuka (open unemp loyment), yakni orang-orang yang sebenarnya mampu dan ingin bekerja, akan tetapi tidak mendapatkan lapangan pekerjaan sama sekali.

Apabila kita perhatikan tingginya tingkat kelahiran yang terjadi di negaran egara berkembang dewasa in maka bisa dipastikan bahwa jumlah tenaga kerja di negara-negara Dunia Ketiga akan meningkat tajam di kemudian han. Hal ini berarti penyediaan lapangan kerja harus segera dilipatgandakan demi memenuhi tuntutan bertambahnya jumlah angkatan tenaga kerja tersebut. Di pihak lain, daerah-daerah perkotaan semakin padat dan persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin sengit karena begitu banyak orang-orang dan daerah pedesaan dan pinggiran kota berurbanisasi dalam rangka mencari kehidupan yang lebih baik.

Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...