Loading...

5 Rukun Islam Dan Penjelasannya

Loading...

Rukun Islam Dan Penjelasannya


Berikut ini adalah rukun Islam serta penjelasannya yang perlu kita ketahui bersama.

Membaca Dua Kalimat Syahadat

Asyhadu Allaa Ilaaha Illallaah wa asyhadu anna Muhaniinadar Rasulullah

Dengan syahadat seorang muslim melakukan sumpah dan mengikat janji kepada Allah. Dialah yang memiliki kekuasaan mutlak di mana semua makhluk tunduk dalam aturan-Nya. Keyakinan bahwa Allah sajalah sumber kehidupan dan kematian, yang memiliki kekuasaan dan kemuliaan. Allah Maha Mengatur pergerakan alarn semesta dan segala isinya, kepada-Nyalah seluruh kekuasaan terhimpun. Mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Kesadaran seperti inilah yang melahirkan sikap persamaan di antara sesame manusia, sehingga setiap orarig dapat duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi.


Pangkat danjabatan tidak membuat seseorang mulia di hadapan Allah SWT. Begitu pula dengan harta dan kekuasaan, tidak akan memiliki nilai yang berarti selama dia ingkar terhadap ketentuan Allah SWT. Pekerjaan yang di mata manusia terlihat remeh, bahkan dianggap hina akan memiliki kualitas penilaian yang sangat tinggi bila pekerjaan itu disertai dengan ketulusan pengabdian di hadapan Allah SWT. Seorang tukang sapu misalnya, bila gerakannya diawali dan kalimat suci laa ilaaha illallah maka pekerjaannya bemilai surgawi dalam catatan malaikat. Sebaliknya, walaupun dia bintang film, pangeran, atau kaisar yang dipuja dan disanjung-sanjung oleh setiap orang, selama amal perbuatannya tidak dilandasi oleh kalimat tauhid ini, perbuatannya itu tidak akan bemilai di sisi Allah SWT. Karenanya
penilaian seseorang, bukan pada harta, takhta, ataujabatan yang dia peroleh melainkan ketakwaan pada Allah SWT.

Mendirikan Salat Fardu yang Lima

Alangkah nikmatnya bila kita resapi rangkaian doa yang ada dalam salat, seperti, “Ya Allah, kasihanilah aku, cukupkanlah segala kekuranganku, berilah aku petunjuk, berilah kesehatan kepadaku, dan berilah ampunan kepadaku.” Demikian halnya dengan rangkaian bacaan yang lain yang ada dalam setiap gerakan salat. Apabila hal itu sudah dijiwai, insya Allah apa yang disebutkan dalam Aiquran akan manfaat salat, yaitu mencegah dan perbuatan keji dan mungkar dapat tercapai.

Mengeluarkan Zakat

Mengeluarkan zakat merupakan upaya mendidik dan melatih seorang muslim untuk menafkahkan hartanya. Memberikan zakat kepada orang-orang yang telah ditentukan Allah haruslah dengan keridaan karena Allah semata. Berikanlah kepada orang-orang yang telah Allah sebutkan dalam Aiquran. Allah memerintahkan untuk memberikan zakat, seperti kepada anak yatim, orang miskin, orang yang sedang dalam perjalanan, orang yang meminta-minta, orang fakir, dan orang yang terlilit utang.

Berpuasa pada Bulan Ramadan

Puasa di bulan Ramadan adalah ibadah orang beriman kepada Allah SWT. Tujuannya agar menambah iman dan takwa serta melatih kesabaran. Ibadah puasa sangat bermanfaat bagi seorang muslim. Dengan berpuasa kita dapat merasakan lapar dan menahan hawa nafsu. Sudahkah kamu berpuasa dengan ikhlas? Cobalah untuk mengisi puasamu dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat. Seperti salat berjamaah, bersedekah, serta menjaga hati dan ucapan.

Menunaikan Ibadah Haji

Menunaikan ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima. Muslim yang beribadah haj i akan meningkatkan ketakwaan kepada Allah, karena dilatih kesabaran dalam beribadahnya. Menumbuhkan semangat berkorban, haik harta, jiwa, tenaga, maupun waktu. Ibadah haji juga mempererat persaudaraan sesama muslim (ukhuwah islamiah) di seluruh dunia.
Sumber Pustaka: Yudhistira
Loading...