Loading...

Berperan Serta Dalam Kegiatan Pemilihan Umum

Loading...

Berperan Serta Dalam Kegiatan Pemilihan Umum


Sikap dan perilaku demokratis harus terus kita kembangkan dalam kehidupan kita sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

Dalam Lingkungan Keluarga

Sikap dan perilaku demokratis dalam lingkungan keluarga, misalnya memusyawarahkan rencana liburan keluarga atau menu makanan untuk keluarga. Musyawarah dilakukan oleh semua anggota keluarga, baik ayah, ibu, maupun anak. Mereka mencari kesepakatan bersama demi lcepentingan bersama dan tiap-tiap anggota keluarga tidak mementingkan dirinya sendiri.



Dalam Lingkungan Sekolah

Sikap dan perilaku demokratis dalam lingkungan sekolah, misalnya dalam pemilihan pengurus kelas dan pengurus Osis. Demikian juga dalam memusyawarahkan rencana sekolah untuk mengisi waktu liburan. Musyawarah dilakukan dengan ikhlas dan jujur dengan mempertimbangkan semua kepentingan.

Dalam Lingkungan Masyarakat

Sikap dan perilaku demokratis dalam lingkungan masyarakat, misalnya mengenai pemilihan pengurus RT, lurah, dan lain-lain. Pemilihan tersebut hams dilakukan dengan penuh keikhlasan, kejujuran, dan keadilan. Aspirasi masyarakat harus benar-benar diperhatikan sehingga apapun hasilnya akan dapat diterima semua pihak dengan baik.
Sumber Pustaka: Yudhistira
Loading...