Loading...

Keanekaragaman Budaya Daerah Yang Merupakan Unsur Kebudayaan Nasional

Loading...

Pengertian Keanekaragaman Budaya Daerah yang Merupakan Unsur Kebudayaan Nasional


  • Kesadaran adalah keinginan melaksanakan suatu pekerjaan yang bersumber dan hati nurani sendiri tanpa paksaan.
  • Kesadaran untuk melestarikan kebudayaan berarti ikut melestarikan kebudayaan Nasional secara sukarela tanpa adanya paksaan dan siapapun.



Landasan

Kita, sebagai warga negara Indonesia harus ikut bertanggung jawab akan kelestarian kebudayaan Nasional. Apa yang mendasari bahwa kita harus ikut melestarikan kebudayaan nasional itu?
  • Pasal 281 ayat (3) UUD 1945
Identitas budaya dan hak masyarakat dihormati selaras dengan perkembangan zaman dan peradaban.
  • Pasal 32 UUD 1945
  1. Negara memajukan kebudayaan nasonal Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nllai-nilai budayanya.
  2. Negara menghormatI dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional.
Betapa luasnya daerah kepulauan Indonesia. Jarak yang berjauhan serta keadaan yang terpisah-pisah oleh lautan, memungkinkan adanya perbedaan adat istiadat serta kebudayaan antara satu daerah dan daerah yang berbeda. Ada keanekaragaman budaya di negeri kita. Tetapi dengan perwujudan Kepulauan

Nusantara sebagai satu Kesatuan Sosial dan Budaya, masyarakat Indonesia adalah satu. Corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya hangsa yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya seluruhnya. Hasil-hasilnya harus dapat dinikmati oleh seluruh bangsa Indonesia.
Dalam penjelasan pasal 32 UUD 1945 dikatakan sebagai berikut. Kebudayaan ban gsa ialah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budinya rakyat Indonesia seluruhnya.

Kebudayaan lama dan ash yang terdapat sebagai puncak-puncak kebudayaan di daerah-daerah di seluruh Indonesia terhitung sebagai kebudayaan ban gsa. Usaha kebudayaan harus menuju ke arah kemajuan adab, budaya, dan persatuan, den gan tidak menolak bahan-bahan baru dan kehudayaan asing yang dapat memperkemban gkan atau memperkaya kebudayaan bangsa sendiri, serta mernpertinggi derajat kemanusiaan bangsa Indonesia.

Suku-suku dan Kebudayaan Daerah



Negara kita terdiri dan pulau-pulau besar dan kecil, yang didiami oleh berbagai suku yang hidup dalam lingkungan kebudayaan daerahnya masing-masing. Mereka bertindak dalam masyarakat menurut adat yang turun temurun. Adat tersebut telah menjadi norma- norma dalam kehidupannya. Itu semua menunjukkan keanekaragaman budaya.

Kebudayaan yang beraneka ragam itu tidak perlu kita pertentangkan karena kebudayaan yang berbeda-beda itu adalah kekayaan bangsa kita.

Itu pula sebabnya dalam kehidupan sehari-hari kita tidak boleh menonjolkan suku bangsa kita sendiri. Jika hal itu terjadi, kita akan menghancurkan din kita sendiri serta persatuan dan kesatuan bangsa.

Unsur Kebudayaan Daerah yang Harus Dipelihara



Salah satu ciri budaya daerah yang penting adalah unsur tradisi yang berakar pada kehidupan masyarakat kesukuan, seperti tari-tarian dan alat-alat musik yang banyak dijumpai dalam kebudayaan daerah.

Contoh:
  1. Tari Seudati dan Aceh, yang dilakukan oleh para penari laki-laki menggambarkan corak kepahlawanan.
  2. Tari Patenung dan Sulawesi. Tan mi mengungkapkan suasana pedesaan dengan seni tenunnya.
  3. Tari Cakalele, yang berasal dan Maluku dan Minahasa bersumberkan kehidupan masyarakatnya dan menggambarkan tradisi kepahiawanan.
  4. Musik Degung dan Sunda mengungk apkan kecantikan alam pegunungan dengan hutan-hutan lebat. Kecapinya menggambarkan kehidupan masyarakat pedesaan.
Seni musik, seni tari, dan lainnya banyak dihasilkan oleh masyarakat kesukuan, yang kemudian dikenal sebagai kesenian daerah.

Dalam rangka pembinaan kebudayaan nasional, kedudukan kebudayaan daerah itu menjadi penting.

Unsur kebudayaan daerah yang harus terus dipelihara adalah seperti berikut.

Yang dapat memupuk rasa ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  1. Yang menanamkan jiwa perikemanusiaan.
  2. Yang meningkatkan rasa cinta keadilan.
  3. Yang memperkuat rasa persatuan.
  4. Yang mendidik agar mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan diri sendiri.
  5. Yang menumbuhkan sifat-sifat lain yang meningkatkan taraf kehidupan jasmani dan rohani.
Cara yang dapat ditempuh untuk meme rerat persatuan bangsa melalui kebudayaan daerah ialah sebagai berikut.
  1. Pengiriman misi-misi kebudayaan dan kesenian daerah dan satu tempat ke tempat lain.
  2. Pemuatan artikel mengenai kebudayaan daerah dalam surat kabar dan majalah.
  3. Pengenalan langsung budaya-budaya daerah.
  4. Pembentukan perkumpulan seni budaya daerah.
  5. Seminar tentang kebudayaan daerah, dan lain-lain.
Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...