Loading...

Contoh Surat Permintaan dan Pertanyaan Tentang Penelitian

Loading...
Contoh surat di atas adalah surat permintaan seorang peneliti kepada peneliti lain, mengenai penjual atau sumber bahan-bahan laboratorium yang dia perlukan selain teknik-teknik eksperimen yang berkaitan dengan problem penelitianan yang dihadapi Kalau kita perhatikan dengan cermat surat permintaan di atas, maka tubuh surat tersebut terdiri dari 4 bagian: 

1) Paragraf pembuka (Opening lines/paragraphs)
2) Pernyataan tentang masalah yang dihadapi (Expression of the encountered problems)
3) Permintaan informasi (Asking for information)
4) Kalimat penutup (Closing sentences) 

Paragraf pembuka harus menyebutkan secara singkat sumber informasi sehingga Anda bisa memperoleh nama peneliti yang Anda surati. Sumber yang dimaksud bisa berupa makalah dalam suatu jurnal atau prosiding, buku, pertemuan ilmlah, atau mungkin dari suatu institusi, badan penelitian, kedutaan, atau mungkin dari teman Anda sendiri yang kebetulan kenal dengannya.

Jika informasi berasal dari seseorang yang Anda kenal, maka lebih baik Anda memberikan penekanan yang intinya surat permintaan Anda kirim berdasarkan rekomendasi atau petunjuk teman Anda tersebut. Pada contoh surat dx atas digunakan "I read with interest your paper entitled   which appeared   dan Anda pun bisa menggantinya, misalnya dengan: 

✓ Your name has been given us by Professor Ahmad Husain when we met at the 2nd Intemational Conference on electrochemistry held in Bandung last rnonth
✓ We know well that you are a world authority in the field of organic chemistry.
✓ We have attended your presentation on the title The Effect of Ziegler-Natta Catalysts on the Polymerization of Methyl Metacrylic Acid at the 184th International Symposium on Polymer Science and Technology held in San Fransisco last year.
✓ We saw your products demonstrated at the Jakarta Fair middle this year, and we would like to know whether 
✓ Dr. James has recommended us to consult you about the solutions of the technical problems we have been encountering. 

Paragraf berikutnya berisi pernyataan tentang problem yang Anda hadapi. Langkah apa saja yang telah Anda lakukan, dan alasan ilmiah apa atau langkah apa yang ingin dikerjakan sehingga Anda menghubungi seseorang peneliti. Paragraf berikutnya berisi tentang detail-detail yang Anda inginkan atau tanyakan.

Jika Anda meminta informasi tentang suatu produk, biasanya Anda akan meminta katalog, daftar harga, diskon, metode pembayaran, waktu pengiriman, dan mungkin sampel-sampel gratis yang cocok dengan kebutuhan Anda. Selain kalimat "We would be pleasure if you could give me any information about " ekspresi-ekspresi berikut bisa pula digueakan: 

✓ I would be glad if you can send us your catalogue and price list for
✓ Will you please send us your catalogue and price list for 
✓ I would appreciate a sample of each of the items listed above.
✓ We are interested in your terms of payment and in discounts offered for regular purchases and large orders.
 
Contoh Surat Permintaan dan Pertanyaan Tentang Penelitian

Kalimat "I look forward to hearing from you" merupakan kalimat penutup (closing sentences) yang biasa dipakai untuk mengakhiri suatu surat permintaan. Kalimat penutup lainnya bisa berupa: 

✓ We would appreciate a prompt answer
✓ We hope to hear from you shortly
✓ We must ask you to reply by the end of this month. 

Dalam dunia ilmiah sudah menjadi ketentuan tidak tertulis untuk saling meminjamkan suatu instrumen, meminta bahan-bahan untuk eksperimen, dan berbagai bentuk aktivitas sejenisnya. Ketika seorang peneliti menunda bahan untuk penelitian, maka beberapa hal yang narus disebutkan dalam surat permmtaan adalah tujuan penelitian dan rencana penelitian/eksperimen yang memang dikerjakan dengan bahan yang ia minta. Berikut penulis paparkan beberapa contoh surat yang berkaitan dengan permintaan bahan-bahan penelitian.




Sumber Pustaka: Kesaint Blanc-Anggota IKAPI
Loading...