Loading...

Arah Kebijakan Nasional Yang Transparan Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Loading...

Arah Kebijakan Nasional Yang Transparan Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara


Berikut ini konsep arah kebij akan nasional yang dapat dikembangkan untuk menuju masyarakat adil dan makmur dengan pemerintahan yang transparan.

  1. Menjadikan nilai-nilai agama dan nilai-nilai budaya bangsa sebagai sumber etika kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka memperkuat akhlak dan moral penyelenggara negara dan masyarakat.
  2. Menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara yang terbuka dengan membuka wacana dan dialog terbuka di dalam masyarakat sehingga dapat menjawab tantanan sesuai dengan visi Indonesia masa depan.
  3. Meningkatkan kerukunan sosial antara pemeuk agama, suku, dan kelompok-kelompok masyarakat lainnya melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling
  4. menghormati.
  5. Menegakkan supremasi hukum dan perundang-undangan secarakonsisten dan bertanggung jawab, serta menjamin dan menghormati hak asasi manusia.
  6. Meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.6) Memberdayakan masyarakat melalui perbaikan sistem politik yang demokratis sehingga dapat melahirkan pemimpin yang berkualitas, bertanggung jawab, menjadi panutan masyarakat, dan mampu mempersatukan bangsa dan negara.
  7. Mengatur peralihan kekuasaan secara tertib, damai, dan demokratis sesuai dengan hukum dan perundang-undangan.
  8. Menata kehidupan politik agar distribusi kekuasaan dalam berbagai tingkat struktur politik dan hubungan kekuasaan dapat berlangsung dengan seimbang.
  9. Memberlakukan kebijakan otonomi daerah.
  10. Meningkatkan integritas, profesionalisme, dan tanggung jawab dalam penyelenggaraan negara serta memberdayakan masyarakat untuk melakukan kontrol sosial secara konstruktif dan efektif.
  11. Mengefektiflcan Tentara Nasional Indonesia sebagai alat negara yang berperan dalam bidang pertahanan dan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang berperan dalam bidang keamanan, serta mengembalikan jati din Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai bagian dan rakyat.
  12. Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Indonesia sehingga mampu bekerja sama dan bersaing sebagai bangsa dan warga dunia dengan tetap berwawasan pada persatuan dan kesatuan nasional.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama
Loading...