Loading...

Kondisi Yang Diperlukan Untuk Sikap Terbuka Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Loading...

Kondisi Yang Diperlukan Untuk Sikap Terbuka Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara


Pernakah Anda mendengar Indonesia Corruption Watch (ICW)! Apa yang ada dalam pikiran Anda mendengar lembaga tersebut? Jika disimak, temuanI CW tentang korupsi di Indonesia tidak sedikit. Korupsi di Indonesia disebabkan sikap terbuka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tidak dilakukan dengan baik. Oleh karena itu, partisipasi masyarakat sangat membantu dalam upaya menegakkan keadilan.

Berbagai permasalahan bangsa yang dihadapi saat mi tentu harus diselesaikan dengan tuntas melalui proses keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kondisi yang diperlukan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Berikut ini kondisi yang diperlukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


  1. Terwujudnya nilai-nilai agama dan nila-nilai budaya bangsa sebagai sumber etika dan moral untuk berbuat baik dan menghindari perbuatan tercela, serta perbuatan yang bertentangan dengan hukum dan hak asasi manusia.
  2. Terwujudnya sila Persatuan Indonesia yang merupakan sila ketiga dan Pancasila sebagai landasan untuk mempersatukan bangsa.
  3. Terwujudriya penyelenggara negara yang mampu memahami dan mengelola kemajemukan bangsa secara baik dan adil sehingga dapat terwujud toleransi, kerukunan sosial, kebersamaan, dan kesetaraan berbangsa.
  4. Terwujudnya demokrasi yang menjamin hak dan kewajiban masyarakat untuk tenlibat dalam proses pengambilan keputusan politik secara bebas dan bertanggung jawab sehingga menumbuhkan kesadaran untuk memantapkan persatuan bangsa.
  5. Terselenggaranya otonomi daerah secara adil.
  6. Pulihnya kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara negara dan antara sesama masyarakat sehingga dapat menjadi landasan untuk kerukunan daam hidup bernegara.
  7. Peningkatan profesionalisme dan pulihnya kembali citra Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia derni terciptanya rasa arnan dan tertib di masyarakat.
  8. Terbentuknya sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan mampu hekeria sama serta berdaya saing untuk memperoleh manfaat positif dan globalisasi.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama
Loading...