Loading...

Informasi Untuk Kebutuhan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

Loading...

Informasi Untuk Kebutuhan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi


Untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, manusia memerlukan berbagai informasi penting sebelum ia menentukan keputusan mana yang akan ia ambil. Semakin relevan dan akurat informasi yang ia peroleh, semakin besar pula kemungkinan untuk menentukan keputusan yang terbaik bagi dirinya.

Betapa pentingnya informasi bagi manusia sebelum ia menentukan keputusan yang terbaik dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dapat dijelaskan seperti berikutin Apabila kita hendak meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, maka kita perlu mencari informasi penting tentang bidang-bidang keilmuan apa yang menarik bakat dan minat kita. Kemudian kita akan mencari informasi tentang perguruan tinggi mana saja yang memiliki jurusan sesuai dengan bakat dan minat kita itu. Bila perlu kita pun akan membandingk an keunggulan dan kelemahan masingm asing perguruan tinggi itu.




Kita pun meminta saran dan pendapat dari orang tua, teman, juga para guru. Semua upaya untuk memperoleh sebanyak mungkin informasi mi kita lakukan agar keputusan yang akan diambil nantinya tidak akan mengecewakan kita. Hal yang sama juga ditemui dalam penentuan kebijakan-kebijakan ekonomi penting yang diputuskan oleh pemerintah. Contoh lainnya secara singkat akan dijelaskan berikut in Misalnya, dalam hal penentuan alokasi jumlah pinjaman luar negeri, pemerintah akan mengadakan kajian atas sektor-sektor mana saja yang membutuhkan dana demi keberlangsungan pembangunan negara. Informasi mi diperoleh dan departemen dan berbagai instansi terkait yang menyerahkan proposal atau permohonan pengajuan dana.

Setelah dilakukan pengkajian .yang matang dan menyeluruh, dibuatlah laporan pengalokasian dana pinjaman yang akan dipertanggungjawabkan di depan DPR. Dan pihak DPR akan didapat berbagai informasi penting lainnya mengenai kelayakan pemberian jumlah dana tersebut pada tiap sector yang di usulkan. Melalui siding-sidang inilah akhirnya dibuat keputusan akhir sector-sektor mana saja yang layak untuk  mendapatkan dana pinjaman.

Seumber Pustaka: Erlangga
Loading...