Loading...

Kebutuhan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

Loading...

Kebutuhan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi


Kemakmuran berarti terpenuhinya seluruh kebutuhan manusia. Apa yang dimaksud dengan kebutuhan manusia itu, dan berapa jauhkah kita mengenal kebutuhan kita sendiri? Berbagai hal yang berkaitan dengan kebutuhan manusia akan dibahas berikut ini.

Pertama-tama kita akan membahas pengertian kebutuhan, kemudian mengklasifikasikan berbagai ragam kebutuhan dan meninjau faktor-faktor yang melatarbelakangi keragaman kebutuhan manusia.



Arti Kebutuhan

Manusia berjuang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan, kebutuhan itu dapat berupa makanan seperti beras, dan lauk pauk, dapat pula berupa pakaian seperti baju, celana dan kaos kaki, dan dapat juga berupa jasa seperti nonton bioskop, naik bus dan bantuan dokter serta bantuan hukum seperti pengacara. Beragamnya barang dan jasa itu membuktikan bahwa kebutuhan manusia beragam juga. Akibat apa yang akan terjadi apabila kebutuhan manusia itu terpenuhi?

Dengan kemampuan kita dalam memenuhi kebutuhan, kelangsungan hidup manusia terus berlanjut, dan dengan terpenuhinya semua kebutuhan manusia, kelangsungan hidup manusia menjadi sejahtera. Dan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa: kebutuhan mencerminkan adanya perasaan kekurangan dalam din man usia yang ingin dipuaskan. Orang membutuhkan sesuatu karena tanpa sesuatu itu ia merasa dirinya memiliki kekurangan. Yang lapar ingin makan. Yang haus ingin minum. Yang sakit ingin sembuh. Yang bodoh ingin menjadi pintar. Dan penjelasan tadi, ada 2 hal penting yang dapat ditarik:
  1. Kebutuhan mencerminkan adanya perasaan kekurangan yang ingin dipenuhi dalam din manusia.
  2. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang muncul secara naluriah dan sangat diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan hidupnya.
Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...