Loading...

Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya Sebagai Makhluk Ekonomi

Loading...

Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya Sebagai Makhluk Ekonomi


Tolok ukur yang berbeda di sini berhubungan dengan akibat atau pengaruh bagi kita secara jasmani dan rohani.

Kebutuhan Jasmani

Membaca namanya, kita segera tahu bahwa kebutuhan macam mi berhubungan dengan badan atau raga kita. Agar tetap hidup, raga kita harus tetap terpelihara dengan memberikan cukup makanan minuman dan pakaian agar kita tetap layak hidup dalam masyarakat.



Lalu kita ketahui sekarang mi, di kota-kota sudah menjamur pusat-pusat kesegaran jasmani atau fitness center. Gejala mi juga menunjukkan upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan jasmani. Sampai di sini dapat kita simpulkan bahwa, kebutuhan jasmani merupakan segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk pemeliharaan raganya.

Kebutuhan Rohani

Terpenuhinya kebutuhan jasmani belum menjamin berlangsungnya kehidupan kita dengan baik. Sering kita saksikan, orang-orang kaya mengalami stress atau terkekang. Selain makan dan minum, manusia masih membutuhkan ketentraman, kenyamanan, pemuasan dan perhatian. Kebutuhan seperti itu berhubungan dengan rohani atau batin kita. Kebutuhan macam mi tidak boleh disepelekan. Seandainya kalian diabaikan oleh ayah, ibu atau teman-teman, kalian merasa tidak enak, bukan?

Di sini, dapat kita simpulkan bahwa kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang bila dipenuhi akan memberikan kepuasan batin. Hal yang harus diperhatikan di sini ialah bahwa kebutuhan rohani itu tidak hanya meliputi kebutuhan untuk menjalankan ibadah saja, tetapi juga kebutuhan akan pendidikan seperti membaca buku, berkreasi, berkumpul dengan orang tua, juga hiking bersama teman-teman untuk menyaksikan keindahan alam.
Loading...