Loading...

Kebutuhan Manusia Menurut Waktu Dan Subyek Sebagai Makhluk Ekonomi

Loading...

Kebutuhan Manusia Menurut Waktu Sebagai Makhluk Ekonomi


Tolok ukur yang berlaku di sini menunjuk pada kebutuhan dengan pemenuhannya; kapan kebutuhan tertentu dapat atau harus dipenuhi. Berdasarkan tolok ukur ini, kebutuhan dapat dikiasifikasikan menjadi:

  • Kebutuhan sekarang
Kebutuhan seperti mi menunjuk pada kebutuhan yang pemenuhannya harus sekarang juga atau tidak dapat ditunda. Penundaan akan memberi akibat fatal. Misalnya, orang yang sedang sakit harus segera minum obat yang sesuai dengan penyakitnya. Jika ditunda maka nyawa si sakit akan terancam.



  • Kebutuhan yang akan dating
Kebutuhan macam mi menunjuk pada kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan di kemudian han. Dengan demikian, kebutuhan mi berhubungan dengan persediaan atau persiapan untuk waktu yang akan datang, baik jangka pendek, maupun jangka panjang. Misalnya, penyediaan perlengkapan bayi bagi ibu yang sedang mengandung, menabung dalam rangka penyediaan dana melanjutkan pendidikan, tabungan han tua bagi orang yang akan pensiun, dan sebagainya.

Kebutuhan Menurut Subyek Sebagai Makhluk Ekonomi

Tolok ukur yang berlaku di sini berhubungan dengan jumlah orang yang membutuhkan, apakah hanya orang tertentu ataukah hanya sekelompok orang. Berdasarkan tolok ukur tersebut, kebutuhan dapat dildasifikasikan menjadi:

  • Kebutuhan individual
Kebutuhan individual adalah kebutuhan yang mencakup hal-hal yang diperuntukkan bagi perseorangan (individu). Kebutuhan seperti mi berbeda untuk tiap-tiap orang. Misalnya, kebutuhan seorang petani berbeda dengan kebutuhan seorang akuntan. Seorang petani membutuhkan cangkul, ant, bajak, dan pupuk, sedangkan seorang akuntan membutuhkan alat tulis, kalkulator, kertas, dan komputer.

  • Kebutuhan kolektif
Kebutuhan kolekif adalah kebutuhan yang dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat secara bersama-sama. Misalnya, jembatan, pasar, angkutan umum, rumah sakit, tempat rekreasi, telepon umum, jalan raya, dan lain-lain. Barang dan jasa kebutuhan kolektif mi disediakan untuk memudahkan masyarakat melaksanakan kegiatan ekonomi, sosial atau kegiatan seharihan lainnya.

Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...