Loading...

Kemakmuran Dalam Ilmu Ekonomi

Loading...

Kemakmuran Dalam Ilmu Ekonomi


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ada tiga arti kata makmur, yaitu:

  1. banyak hasil;
  2. banyak penduduk dan sejahtera;
  3. serba kecukupan; tidak kekurangan;
Dan penjelasan di atas dapat kita lihat bahwa kata makmur itu berkaitan erat dengan keadaan di mana segala kebutuhan manusia itu telah tercukupi, dan kecukupan dalam din manusia telah tercapai. Kemakmuran erat dengan makna cukup. Kecukupan yang dimaksudkan di sini tentu saja meliputi aspek material dan spiritual. Artinya, seorang manusia dikatakan telah makmur apabila ia telah merasa cukup, baik spiritual maupun material, dengan jalan memenuhi segenap kebutuhannya.

Sejak munculnya manusia di muka bumi, keinginan untuk memenuhi segenap kebutuhannya mi telah jelas tampak. Para antropologi meyakini bahwa manusia pertama di muka bumi ada sekitar 2 juta tahun yang lalu. Masa ini dinamakan Zaman Batu (The Age Stone) atau masa Paleolithic. Pada masa itu, manusia pertama memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara berburu. Mereka menggunakan berbagai peralatan sederhana seperti kapak, alat pahat, tombak, dan yang terbuat dan batu, tanduk dan gading binatang untuk membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka mengambil kulit binatang untuk dijadikan pakaian. Mereka juga menemukan api dengan jalan menggosok-gosokkan batu api dengan bijih besi.



Pada akhir zaman ini, mereka mulai bercocok tanam. Mereka menciptakan cangkul, ant, dan alat-alat lainnya untuk melaksanakan kegiatan mi. Penemuan cara bercocok tanam membuat mereka tidak penlu lagi hidup berpindah-pindah seperti yang selama mi mereka lakukan. Para petani pertama mi adalah manusia pertama yang menempati desa-desa yang merupakan asal muasal kota pertama. Kemudian, mereka mulai mencari sumbers umber lain yang dapat digunakan sebagai sumber bahan Gambar 1.2 Untuk mem pakaian. Dan sinilah kemudian tercipta tekstil. Lalu nya, manusia purba men mereka pun menciptakan alat pintal untuk menghasilkan seadanya. benang dan kulit binatang dan serat tanaman. Benang ini lalu ditenun untuk dijadikan pakaian.

Masa selanjutnya yaitu sekitar 3500 tahun Sebelum Masehi dikenal dengan nama masa Neolithic. Para antropologis berpendapat bahwa pada masa inilah mulai ditemukan logam. Pada masa ini manusia menciptakan berbagai peralatan untuk memudahkannya memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada masa mi manusia menemukan bahwa apabila mereka mengolah timah dan tembaga maka akan dihasilkan perunggu yang ternyata lebih kuat dan tahan lama. Pada akhir masa ini mulai pula ditemukan benda paling berharga bagi hidup mereka, bahkan hingga saat ibi. Benda itu adalah roda, dan dengan roda, segala kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia jadi lebih mudah. Beban-beban berat dapat diangkat lebih cepat, dan mereka pun dapat bergerak lebih cepat untuk melakukan berbagai kegiatannya.

Sejarah mencatat bahwa kehidupan manusia terus bergulir dengan berbagai penemuan lainnya, seperti sistem irigasi (3500-3100 SM, Mesopotamia), tulisan (3500 SM, Mesopotamia), pompa (200 SM), kertas (Thhun 2, Cina), porselin (618-907, Cina), kompas magnetis (960-1279, Cina), juga berbagai penemuan berharga lainnya yang membantu manusia melakukan semua usahanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kini, perhatikanlah kehidupan manusia. Begitu banyak sekali penemuan yang berhasil dicapai manusia baik di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membuat hidupnya menjadi lebih makmur. Mobil, komputer, TV pemutar VCD, rekayasa genetika, juga sistem pemilihan umum yang LUBER dan J URDIL, semuanya itu membuat segala kebutuhan manusia baik material maupun spiritual dapat dipenuhi dengan lebih balk dan lebih cepat. Pada intinya, manusia tidak pernah puas. Ia akan melakukan berbagai upaya agar hidupnya dapat lebih makmur dan lebih makmur lagi.
Loading...