Loading...

Sejarah Pemikiran Teori Ekonomi Pada Aliran Historis

Loading...

Sejarah Pemikiran Teori Ekonomi Pada Aliran Historis


Dasar pengembangan teori ekonomi dan para pengikut aliran historis adalah pengalaman empiris yang telah dibuktikan oleh perjalanan panjang sejarah perekonomian. Mereka percaya bahwa segala kegiatan manusia tidak semata-mata dilandaskan pada tujuan ekonomi saja, tetapi juga oleh motif-motif lainnya seperti etika serta impuls-impuls lainnya. OIeh karena itu, mereka mengkritik teori para ekonomi klasik yang menggunakan metode deduktif dalam pengembangan teori mereka. Dengan penerapan metode deduktif tersebut, pengikut aliran kiasik menyatakan bahwa teori mereka adalah teori yang berlaku umum diseluruh tempat.

Metode Induktif - Historis

Pengikut aliran historis menawarkan metode induktif-historis sebagai alternatif dan metode deduktif kaum klasik. Metode mi didasarkan pada pengalaman dan pengkajian yang bersifat khusus, seperti data-data perkembangan ekonomi di suatu tempat, dan kemudian ditarik suatu kesimpulan umum. Dengan metode tersebut, hukum dan dalil harga hanya akan berlaku di suatu tempat dan pada waktu tertentu saja, karena hukum, dalil, dan teori-teori ekonomi sangat tergantung pada kondisi serta lingkungan setempat sehingga tidak mungkin berlaku universal.



Berdasarkan pemikiran yang selalu dilandaskan pada pengalaman sejarah, para pengikut aliran historis juga tidak setuju dengan pandangan aliran klasik tentang dibatasinya peranan pemerintah dalam perekonomian, demikian pula dengan konsep tangan tak nampak yang akan membawa perekonomian pada keseimbangan.

Mereka memandang bahwa kegiatan perekonomian tidak terlepas dan interaksi dalam masyarakat, sehingga tidak mungkin ada hokum ekonomi yang berdiri sendiri dan terlepas dan interaksi tersebut. Olehkarena itu, mereka percaya bahwa campur tangan pemerintah dalam perekonomian sangat dibutuhkan agar tujuan sosial dan proses ekonomi dapat diarahkan pada kondisi yang diinginkan bersama.


Tokoh - Tokoh Aliran Historis

Tokoh-tokoh aliran historis cukup banyak jumlahnya dan sebagian besar berasal dan Jerman seperti Friederich List, Bruno Hildebrand, Wilhem Roscher, Karl Bucher, Max Weber, dan Werner Sombart. Pengikut dan lnggnis adalah William Cunningham dan J.W. Ashley, sedangkan dan Amerika adalah Henry Carey, Simon Nelson Patten, dan Daniel Reymond. Di antara tokoh-tokoh tersebut yang paling menonjol hanyalah beberapa orang saja, yakni List, Bucher, Hildebrand, dan Sombart.

Sumber Pustaka: Bumi aksara
Loading...