Loading...

Mengembangkan Sikap Mengutamakan Kewajiaban Daripada Hak

Loading...

Mengembangkan Sikap Mengutamakan Kewajiaban Daripada Hak


Menurut kodratnya, manusia bertindak selain sebagai individu juga sebagai makhluk sosial. Keduanya tidak dapat dipisahkan. Sebagai individu. manusia masing-masing mempunyai ciri khas yang berbeda antara orang yang satu dan yang lainnya. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Perhatikan saja diri kita sendiri. dan lahir, bahkan sampai mati selalu membutuhkan orang lain. Oleh karena itu. kita harus hidup bersama orang lain dalam suatu masyarakat.

Tujuan hidup bermasyarakat adalah hidup rukun dan damai bersama anggota masyarakat yang lain. Kerukunan dan kedamaian menciptakan suasana yang aman. tenteram, damai. dan sejahtera. Dalam suasana seperti inilah. memungkinkan setiap anggota masyarakat dapat bekerja dengan tenang tanpa gangguan sehingga mereka dapat mencapai apa yang dicita-citakan. Suasana seperti itu hanya dapat diraih dengan adanya kesadaran dan setiap anggota masyarakat untuk mengutamakan kewajiban daripada haknya. Kewajiban harus diutam akan karena menyangkut Repentingan orang banyak dan kepentingan kita juga.


Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang suka hidup secara bergotong royong. Apabila di suatu daerah diadakan kerja bakti, secara otomatis warga daerah tersebut berpartisipasi. Perilaku menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, khususnya dalam pengertian mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi atau golongan, sudah menjadi kebiasaan di Indonesia.

Dalam kehidupan bermasyarakat, susah dan senang hendaknya kita rasakan bersama, berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Apabila tetangga atau saudara kita ada yang tertimpa musibah, kita harus peduli terhadap penderitaan mereka. Kepedulian mi dapat kita wujudkan dengan memberikan bantuan, baik materiil maupun spiritual. Bantuan-bantuan tersebut hendaknya kita berikan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan.

Penderitaan yang dialami oleh saudara-saudara kita ini hendaknya membuat kita mawas dir Betapa banyak nikmat dan karunia Tuhan telah Rita peroleh dibandingkan dengan mereka yang menderita. Oleh karena itu, Rita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban kita, baik Sebagai warga masyarakat, sebagai warga negara, dan sebagai hamba Tuhan Yang Maha Esa.

Sikap peduli berarti kemauan mengorbankan sedikit kepentingan pribadi untuk memperhatikan atau membantu pihak lain dalam kehidupan sehari-hari. Berikut mi perwujudan nilai budi pekerti dalam perilaku hidup sehari-hari.

Peduli

  1. Menempatkan din pada situasi yang dialami orang lain.
  2. Menyempatkan din untuk mengunjungi teman yang mengalami musibah.

Kreatif

  1. Terbiasa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif.
  2. Dapat menciptakan kreasi baru.
  3. Mempunyai daya khayal (positif) yang tinggi.

Adil

  1. Terbiasa mengatur penugasan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.
  2. Menghindarkan diri dan perbuatan yang tidak wajar.
  3. Selalu bersikap dan bertindak sepatutnya.
  4. Selalu berpihak pada kebenaran.
  5. Dalam membuat keputusan tidak berat sebelah.

Rasa memiliki

  1. Senantiasa turut membina dan memelihara pelestarian alam sekitar, situs peninggalan sejarah, serta seni budaya daerahnya.
  2. Tidak melecehkan seni budaya daerahnya, etika dan estetika yang berlaku serta selalu menghindarkan din dan perbuatan merusak.
  3. Turut bertanggung jawab menjaga sesuatu yang ada di sekitarnya.

Kasih Sayang

  1. Terbiasa bersikap suka menolong, mengayomi dan mengasuh orang lain.
  2. Menghindari rasa benci.
  3. Bersikap menyayangi orang lain seperti menyayangi din sendiri.
Sumber Pustaka: Yudhistira
Loading...