Loading...

Badan Dan Lembaga Kerja Sama Internasional Dan Tujuannya

Loading...

Badan Dan Lembaga Kerja Sama Internasional

Berikut ini adalah badan da juga lembaga kerjasama Internasional yang perlu kita ketahui bersama.

ECOSOC

Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (Economic and Social Council =ECOSOC) adalah badan PBB yang khusus memperhatikan masalah ekonomi. Dewan itu bertugas mempelopori penelitian, laporan, dan rekomendasi mengenai persoalan-persoalan.ekonomi, sosial, kesehatan, pendidikan, dan kebudayaan dunia. Untuk memperlancar pekerjaan tersebut dibentuklah komisi-komisi khusus:

  1. ECE: Economic Commission for Europe (Jenewa, 1947).
  2. ESCAP : Economic and Social Commission for Asia and Pacific (dulu bernama ECAFE/for Asia and the Far East, Bangkok 1947).
  3. ECLA : Economic Commission for’Latin Amerika (Santiago, 1948).
  4. ECA : Economic Commission for Africa (Addis Abeba, 1958).

GATT (General Agreement on Tariffs and Trade)

Tata perdagangan internasional yang berlaku sekarang terutama berd asarkan Perjanjian Umum tentang Tarif dan Perdagangan (GeneralAgreement on Tariffs and Trade/GATT), yang pokok-pokoknya disepakati di Jenewa pada tahun 1947.

GATT adalah suatu konvensi (persetujuan internasional) yang diadakan dengan maksud untuk mengurangi/menghilangkan rintangan atau hambatan perdagangan internasional, khususnya tarif bea cukai yang tinggi, sehingga sangat menghambat atau mempersulit ekspor impor antarnegara. Jalan yang ditempuh adalah dengan mengadakan perundingan-perundingan antarnegara, yang secara bertahap dapat mengurangi tarif-tarif bea masuk atas dasar saling menguntungkan. Dalam hal mi yang menjadi terkenal adalah ‘Kennedy Rounf (1964— 1967), yaitu suatu rangkaian atau deretan perundingan internasional atas prakarsa Amerika Serikat, yang mendorong ke arah perdagangan bebas dengan mengurangi pintu beamasuk timbale balik antara Amerika Serikat dengan negara-negara lain.

ITO (International Trade Organization)

Organisasi mi merupakan organisasi perdagangan internasional untuk kemajuan perdagangan internasional. Dalam persetujuan yang ditandatangani oleh 53 negara di Havana pada tahun 1948, tercipta suatu perdagangan internasional yang dapat membatasi atau mengadakan peraturan yang sifatnya menghambat lancarnya pertukaran barang-barang internasional. Persetujuan tu untuk mempercepat kemajuan perdagangan InternasionaI.

UNESCO (United Nations Educational Scientific and Cultural Organization)

UNESCO didirikan di Paris tahun 1946. Tujuannya adalah untuk mengkoordinir kerja sama internasional di bidang pendidikan, pers, radio, film, pemberantasan buta huruf, dan lain-lain. Indonesia telah dibantu antara lain dalam usaha pembaruan pendidikan, pengadaan buku paket, dan lain-lain.

UNIDO (United Nations Industrial Development Organization)

Organisasi mi didirikan di Vienna tahun 1967 dan bertujuan memajukan perkembangan industri di negara-negara berkembang, antara lain melalui bantuan teknis, program-program latihan, penelitian, dan penyediaan informasi.

IMF (International Monetary Fund)

Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund) didirikan pada tahun 1945 sesudah konferensi di Bretton Woods, USA, dengan maksud untuk melancarkan kembali tata pembayaran internasional yang kacau-balau akibat perang dunia.

  • Tujuan Utama IMF
  1. sama internasional di bidang keuangan/moneter
  2. memperdagangan internasional;
  3. mengusahakan stabilitas valuta dan kurs konversi;
  4. memperlancar lalu lintas pembayaran multilateral;
  5.  membantu negara-negara anggota yang mengalami defisit (sementara) dalam neraca pembayaran dengan kredit jangka pendek;
  6. membantu negara-negara anggota untuk mengatasi ketidak seimbangan struktur neraca pembayaran.

Hampir semua negara (kecuali negara komunis) telah menjadi anggota IMF. Kelompok intinya masih terdiri dan Kelompok 10, yaitu sepuluh Negara kaya dan maju: Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Perancis, Belgia, Belanda, Italia, Swedia, lnggris, dan iepang. Negara-negara tersebut menyatakan
bersedia untuk membantu negara-negara lain yang mengalami kesulitan pembayaran internasional melalui IMF.

IBRD (International Bank for Reconstruction and Development)

Organisasi mi memberikan kredit kepada negara-negara anggota, terutama untuk memberi jaminan atas kredit-kredit yang diberikan pihak lain. Dalam menjalankan kewajibannya, bank itu mengadakan kerja sama yang erat dengan ME. IBRD mengumpulkan dana dan anggota-anggotanya yang kemudian meminjamkannya kepada para anggota yang membutuhkan. Pinjaman tersebut digunakan untuk pembangunan negara yang sedang berkembang dan negara yang mengalami kerusakan karena perang. Indonesia telah menjadi anggota IBRD sejak tahun 1954.

IFC (International Finance Corporation)

IFC adalah afiliasi Bank Dunia. IFC memberikan pinjaman kepada pengusaha-pengusaha swasta. Organisasi turut ambil bagian dalam pembentukan modal perusahaan swasta dan membantu mengalihkan investasi luar negeri ke negara-negara yang sedang berkembang.

IFC bertujuan:

Membantu penambahan modal yang sudah tersedia dan tidak memberikan modal secara keseluruhan
MemblrtIiberikan kredit dengan bentuk jaminan jangka panjang bagi pengusaha swasta.

IDB (Islamic Development Bank)

Bank Pembangunan lslam didirikan 3 April 1975 dengan tujuan utamanya membantu dan menggalakkan pembangunan ekonomi dan social di negara-negara Islam baik secara individu maupun kolektif, berupa pinjaman yang diberikan dengan syarat yang ringan.
Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...