Loading...

Berperan Serta Dalam Kegiatan Organisasi Dan Contohnya

Loading...

Berperan Serta Dalam Kegiatan Organisasi


Sebagai makhluk sosial kita senantiasa hidup bersama dengan orang lain, berkelompok, bermasyarakat, dan berorganisasi. Oleh karena itu, kita hams mampu hidup bermasyarakat dan berorganisasi dengan baik. Itulah sebabnya setiap manusia perlu membekali diri antara lain dengan kemampuan berikut.

Kemampuan Mandiri Dalam Berbagai Kegiatan

Dengan kemampuan mandiri mi, kita akan mampu mengikuti berbagai kegiatan tanpa menggantungkan diri pada orang lain. Kita mampu berkreasi. berprakarsa, dan bertanggung jawab melaksanakan tugas-tugas yang diberikan pada kita. Dengan demikian, kita akan lebih mampu untuk ambil bagian dalam kegiatan bersama pada suatu organisasi. Kita harus meningkatkan kemampuan dan keterampilan kita agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama yang lebih luas.



Kemampuan Membiasakan Diri Memperhatikan Hak Orang Lain Dalam Setiap Perbuatan

Kebiasaan memperhatikan hak orang lain dalam setiap perbuatan kita, akan menghindarkan din kita dan tindakan/perbuatan yang sewenang-wenang terhadap orang lain.

Berperan Serta Dalam Kegiatan Berorganisasi

Selain sebagai sarana berlatih untuk bekerja sama dan berinteraksi sosial, berorganisasi juga merupakan sarana untuk dapat mencapai tujuan bersama. Kemampuan mandiri dan kemampuan memperhat ikan hak orang lain menjadi modal penting untuk dapat berorganisasi dengan baik.

Berlatih berorganisasi dapat kita mulai dan kehidupan kita seharihan di rumah dan selanjutnya dikembangkan di sekolah dan di masyarakat. Di rumah kita berlatih dengan membiasakan diri disiplin mengatur din dan kepentingan sendiri. antara lain mengatur waktu belajar dan tugas-tugas di rumah, berlatih bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan orang tua. dan sebagainya. 

Selanjutnya, di sekolah kita memiliki OSIS, kelompok piket kelas, koperasi siswa, PMR, paskibraka, dan lain-lain. Semua mi dapat menjadi sarana untuk melatih din kita dalam berorganisasi. Demikian juga di dalam masyarakat, kita memiliki karang taruna. kelompok remaja yang bersifat keagamaan, dan lain-lain. Dengan berperan serta aktif dalam organisasi yang baik tersebut, kita akan semakin berkembang dalam wawasan untuk dapat menjadi makhluk individu maupun makhluk sosial yang baik.
Sumber Pustaka: Yudhistira
Loading...