Loading...

Peranan Harga Pasar Dalam Perekonomian

Loading...

Peranan Harga Pasar Dalam Perekonomian

Berikut ini adalah sebuah peranan harga pasar pada perekonomian yang perlu kita ketahui.

Menunjukkan perubahan kebutuhan masyarakat

Jika kebutuhan masyarakat meningkat, maka harga akan meningkat. Misalnya, meningkatnya kebutuhan masyarakat akan bahan bangunan mengakibatkan naiknya harga semen, batu bata, pasir, dan bahan bangunan lainnya.



Menggerakkan pengusaha untuk bereaksi terhadap perubahan permintaan

Jika harga suatu barang dan jasa meningkat, pengusaha akan tergerak untuk mengetahui pola konsumsi masyarakat terhadap barang dan jasa yang bersangkutan. Pengetahuan pola konsumsi itu amat diperlukan untuk memperkirakan berapa jumlah barang atau jasa yang dibutuhkan. Misalnya, sejalan kenaikan harga barang elektronika, pengusaha melakukan survey pendapatan, jumlah keluarga, dan sejumlah faktor lain yang menentukan pola konsumsi masyarakat. Berdasarkan hasil survei, pengusaha dapat memperkirakan berapa jumlah compo dan televisi berwarna yang harus diproduksi sesuai kebutuhan masyarakat.

Mempengaruhi jenis dan jumlah faktor produksi yang harus disediakan

Faktor produksi seperti modal dan tenaga kerja akan banyak digunakan untuk bidang usaha yang menghasilkan barang dan jasa berharga tinggi atau yang menghasilkan aba besar. Di Negeri Belanda, misalnya, bidang usaha bunga tulip menghasilkan laba besar. Oleh karena itu, cukup banyak faktor produksi diarahkan pada bidang usaha itu. Berhektar-hektar lahan ditanami bunga tulip, dengan modal dan tenaga kerja terampil yang memadai.

Membantu menentukan penawaran

Berdasarkan besarnya kenaikan harga, dapat diperkirakan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Misalnya, pengusaha angkutan kota memperkirakan jumlah kendaraan beserta sopir yang akan dikemudikan berdasarkan kenaikan tarif angkutan kota.
Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...