Loading...

Aliaran Sosialisme Pada Pemikiran Teori Ekonomi

Loading...

Aliaran Sosialisme Pada Pemikiran Teori Ekonomi


Pada bagian-bagian sebelumnya kita telah membahas berbagai macam mazhab atau aliran perekonomian yang dimulai dan mazhab prakiasik sampai dengan aliran historis. Pada umumnya, seluruh aliran yangtelah dibahas, baik secara langsung maupun tidak langsung, cenderung mendasarkan teorinya pada konsep aliran ekonomi liberal atau individualisme. Puncak dan pengakuan tersebut terjadi ketika Adam Smith dengan para tokoh aIian klasik lainnya menyatakan bahwa campur tangan pemerintah harus ditiadakan dalam perekonomian. Selain itu, penanaman capital dalam produksi pada akhirnya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Konsep Perekonomian Sosialis

Pada bagian ini akan dibahas suatu aliran baru yang konsepnya bertentangan sekali dengan apa yang telah diungkapkan para ahli ekonomi terdahulu. Konsep itu adalah konsep perekonomian sosialis yang kemudian berkembang dan sering disebut sebagai paham komunis. Berbeda dengan paham liberalis-kapitalis, paham sosialis memandang pemanfaatan dan pemilikan sumber-sumber produksi harus dilakukan secara kolektif. Peran pemerintah yang ditentang oleh aliran sebelumnya, menurut aliran ini justru memegang peranan penting dan dipercayai oleh masyarakat untuk mengelola industri-industri yang menyangkut kepentingan hidup orang banyak. Bahkan dalam arti yang sebenarnya, sosialisme menuntut adanya penasionalisasian seluruh alat-alat produksi, seperti tanah pertanian harus dimiliki oleh pemerintah dan menghilangkan milik swasta.



Pembedaan pengertian sosialis dan komunis disebabkan oleh perbedaan proses terbentuknya kedua paham tersebut. Jika paham sosialis merupakan hasil dan perubahan secara perlahan atas kepemilikan swasta menuju kepemilikan pemerintah, sebaliknya aliran komunis melakukannya secara revolusioner. Segala sesuatu dilakukan dengan cepat, tanpa tedeng ating-aling, paksa, dan revolusioner.

Aliran sosialis dibedakan menjadi dua bagian utama, yaitu aliran sebeum Marx dan aliran sesudah Marx. Aliran sebelum Marx dibedakan menjadi aliran sosialisme utopis dan aliran sosialisme komunitas bersama. Aliran Marx akan dibahas secara terpisah karena memiliki karakteristik yang cukup unik, sehingga paham tersebut dapat dipergunakan sebagai dasar dan perekonomian suatu negara, seperti Uni Sovyet, yang sekarang sudah bubar.

Sumber Pustaka: Bumi aksara
Loading...