Loading...

Pengertian Globalisasi Dalam Ekonomi Dan Perdagangan Bebas

Loading...

Pengertian Globalisasi Dalam Ekonomi Dan Perdagangan Bebas


Sebelum kita membicarakan globalisasi ekonomi ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian globalisasi. Globalisasi berasal dan kata global yang berarti keseluruhan. Globalisasi berarti proses masuknya sesuatu ke lingkup dunia. Sifat perubahan yang menyeluruh menjadi ciri khas dan globalisasi.

Globalisasi merupakan kondisi objektif yang harus dihadapi sesuai dengan keragaman yang ada di masyarakat. Hal itu mengakibatkan perb edaan tanggapan atau pengertian globalisasi sesuai dengan keragaman disiplin ilmu yang ada.

Setiap pembicaraan tentang globalisasi aspek perekonomian telah menjadi pusat pokok pembicaraan, karena pasar bebas tanpa hambatan semakin identik dengan globalisasi yang dimaksud. Satu negara dengan negara lainnya semakin saling tergantung dan membutuhkan satu sama lain di bidang ekonomi dan perdagangan internasional.



Definisi Globalisasi ekonomi

Globalisasi ekonomi merupakan suatu gejala dan kegiatan pere konomian dunia yang bergerak secara luas dengan semakin mudahnya hubungan antarnegara di dunia tanpa batas. Secara internasional, kekuatan dastrategi suatu negara akan berpengaruh besar ke negara lain. Apa yang terjadi di satu belahan dunia dapat dengan segera diketahui dan segera dirasakan oleh masyarakat di belahan dunia lainnya.

Konsekuensi proses globalisasi perekonomian dunia sangat besar artinya terhadap negara manapun. Kegiatan apapun yang dilakukan suatu negara tidak dapat lagi didasarkan atas ukuran lokal, tetapi harusdilaksanakan melalui standar internasional. Proses globalisasi yang telah terjadi menimbulkan perubahan dalam struktur perekonomian dunia. Perubahan-perubahan tersebut mempunyai pengaruh yang sangat mendasar terhadap berbagai faktor produksi dalam perekonomian dunia.

Usaha-usaha pembangunan suatu negara tidak mungkin dilakukan secara terpisah dengan negara lain, melainkan harus tergabung dengan berbagai tingkat integrasi ekonomi dalam suatu kawasan agar dapat meningkatkann kemampuannya. Dengan demikian, negara-negara tersebut secara bersama-sama dapat menghadapi persaingan global yang sedang berlangsung.

Sumber Pustaka: Erlangga
Loading...